PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VII E SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU

Dwi Kusumah, Aprian (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VII E SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP 142071000045 .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengganti metode atau model pembelajaran yang digunakan oleh guru Al-Islam SMP Muhammadiyah 3 Waru. Metode konvensional didominasi metode ceramah yang sering diterapkan guru membuat pembelajaran terasa membosankan dan menyebabkan motivasi, minat belajar serta prestasi belajar peserta didik menjadi rendah. Dari metode ceramah berubah menjadi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang menjadikan belajar lebih bermakna diharapkan motivasi, minat belajar dan prestasi belajar peserta didik meningkat. Tahap metode penelitian, penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan kolaboratif dengan guru Al-Islam yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin untuk memperoleh hasil. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui penelitian tindakan kelas oleh Kurt Lewin lebih efektif dan variatif untuk diterapkan Guru Al-Islam Kelas VII E SMP Muhammadiyah 3 Waru. Awal mula prosentase nilai uji kompetensi pada Bab IV materi akhlak terpuji (mahmudah) kelas VII E adalah 35,7% hanya beberapa peserta didik yang tuntas sesuai nilai KKM. Peneliti dan guru Al-Islam berdiskusi untuk menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan 2 siklus memperoleh hasil baik, minat belajar tinggi dan peserta didik mampu mengerjakan uji komptensi dengan tepat waktu serta hasil nilai memuaskan dengan prosentase 91,3% menunjukan peserta didik banyak yang tuntas nilai KKM. Kata Kunci: Prestasi Belajar Al-Islam, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Al-Islam; Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:27
Last Modified: 31 Aug 2018 06:27
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5399

Actions (login required)

View Item View Item