Analisis Kesulitan Siswa Dalam Struktur Jumlah Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo Kelas XI IPA 1 Dan 8

Yanti, Nur (2018) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Struktur Jumlah Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo Kelas XI IPA 1 Dan 8. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-152071900007.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang menyebabkan siswa khususnya di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo sebagai objek yang diteliti merasa kesulitan dalam mengerti dan memahami struktur kalimat dalam Bahasa Arab. Kebanyakan dari siswa beranggapan bahwa struktur kalimat tersebut dirasa tidak begitu penting dan juga sulit untuk dimengerti. Oleh karena itu, diperlukan teknik mengajar yang tepat kepada siswa agar mereka dapat tertarik pada mata pelajaran tersebut. Jenis data yang digunakan oleh penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, yang termasuk penelitian deksriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa siswa Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, guru bahasa arab. Adapun hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran struktur jumlah di kelas IPA madrasah aliyah negeri sidoarjo terdapat tiga langkah yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Pada tahap inti guru menjelaskan materi dengan metode ceramah qowaid dan deduktif. Adapun khusus dalam struktur jumlah adalah dijelaskan oleh guru dan mengerjakan contoh contoh latihan soal. Faktor-faktor penyebab siswa merasa kesulitan dalam memahami struktur jumlah adalah faktor internal meliputi tidak memahami makna kalimat, perbendaharaan kosa kata sedikit, dan tidak bisa membedakan jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah, siswa ngantuk saat pembelajaran, malas dan bosan. Dan adapun faktor eksternal meliputi lingkungan tempat tinggal dan sekolah yang merupakan waktu pembelajaran di siang hari. Serta solusinya yaitu menghafal kosa kata yang banyak, memahami makna kalimat dalam jumlah, sering berlatih dengan latihan contoh tentang struktur jumlah, sering membaca buku yang membahas tentang struktur jumlah, dan giat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa; Struktur Jumlah Bahasa Arab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:19
Last Modified: 31 Aug 2018 02:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5393

Actions (login required)

View Item View Item