Zumaroh, Zumaroh (2018) Analisis Kesulitan Mengi’rob kalimat pada Kitab Silsilah Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyah Mahasiswi Mustawa Tsalis Ma’had Umar Bin Khottob. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
7. Skripsi Lengkap-162071900026.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Dalam mempelajari bahasa arab, pemahaman mendalam terhadap kaidah-kaidah bahasa menjadi hal yang sangat penting, pemahaman tersebut salah satunya dapat dibuktikan dengan ketepatan dalam mengirob kalimat atau merubah akhir kalimat karena perbedaan amil-amil yang masuk baik secara lafadz atau dikira-kirakan. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwasanya banyak mahasiswi yang mengalami kesulitan dalam mengi’rob kalimat terutama kalimat yang panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran nahwu khususnya pada i’rob kalimat di mustawa tsalis ma’had putri umar bin khottob sidoarjo, beserta faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswi dalam mengi’rob kalimat dan solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field reseach) dan teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu berdasarkan teori Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu proses pembelajaran nahwu di mustawa tsalis ma’had umar bin khottob terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap inti dan penutup. Pada tahap inti guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, tanya jawab dan metode deduktif. Adapun khusus dalam mengi’rob dibahas secara lisan dan bersama-sama. Faktor -faktor penyebab mahasiswa merasa kesulitan dalam mengi’rob kalimat adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sedikit membaca dan kurang serius dalam belajar, kurang berlatih dalam mengi’rob kalimat, tidak mengetahui kedudukan awal kalimat sehingga sulit melanjutkan dalam mengi’rob, tidak mempunyai pemahan yang mendalam terhadap tata bahasa arab dan belajarnya dengan sistem hafalan sehingga kurang faham dengan kedududukan i’rob dan urut-urutannya. Faktor eksternal meliputi lingkungan tempat tinggal, faktor sekolah yaitu kelengkapan perangkat pembelajaran dan waktu pembelajaran yang kurang efektif di siang hari. Adapun solusinya yaitu giat belajar, sering berlatih dalam mengi’rob baik secara lisan maupun tulisan, banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan tata bahasa arab serta i’rob, mencoba berlatih soal-soal baru. Selain itu juga bisa dengan dengan menerapkan ilmu nahwu dan shorof yang sudah dipelajari ketika membaca al qur’an, seperti menganalisis kedudukan i’rob mubtada’, khobar dan lain-lain dalam satu ayat atau lebih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan; I’rob; Kalimat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 01:43 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 01:43 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5369 |
Actions (login required)
View Item |