IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMPIT DARUL FIKRI SIDOARJO

Choiriyah, Umilatul (2018) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMPIT DARUL FIKRI SIDOARJO. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap-142071000068.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Terdapat beragam metode membaca, menulis dan menghafal Quran, namun dari setiap metode tersebut masih dirasa kurang sempurna dalam mempelajatri Quran dengan menyenangkan. Kemampuan otak yang terbagi dlam otak kanan dan kiri belum dioptimalkan secara sempurna. Metode Wafa, lahir untuk menjawab tantangan tersebut. Metode wafa merupakan sebuah metode yang mengoptimalkan cara kerja otak kanan yang menyenangkan dengan makhorijul huruf dan kaidah ilmu tajwid dengan irama lagu Hijaz, mampu meniulis arab dengan baik dan benar dengan kaidah khot naskhi dan dapat menghafal Al-Qur’an juz 30. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode wafa dalam pembelajaran quran kelas VII di SMPIT Darul Fikri Sidoarjo dan Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode wafa dalam pembelajaran quran kelas VII di SMPIT Darul Fikri Sidoarjo. Metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan sebuah metode penelitian postpositivistik hal ini dikarenakan berlandaskan pada filsafat postpositivisme dan lebih bersifat umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tri angulasi. subyek dalam penelitian ini yaitu: guru bahasa Al quran, siswa kelas VII dan segenap warga SMPIT Darul Fikri Sidoarjo. Implementasi metode wafa di SMPIT Darul Fikri Sidoarjo diawali dengan tilawah selanjutnya adalah Pengalaman adalah rangsangan yang diberikan kepada murid untuk mengerakkan rasa ingin tahunya. sebelum mereka memperoleh meteri yang dipelajari, maka murid akan mengalami kegiatan konkrit yang akan memperkuat daya ingat materi yang di beriakan. Setelah itu memasuki tahapan Pengajaran yaitu guru memberikan materi pelajaran secara bertahap dan di ulang-ulang. Sehingga pada proses ini, guru harus benar- benar mengerahkan kemampuannya agar siswa tetap terjaga semangatnya dan dapat menguasai materi yang diberikan.tahapan selanjutnya adalah penilaian. Kelebihan metode Wafa yaitu metode pembelajaran al-Qur’an yang memiliki sistem pembelajaran al-Qur’an yang komprehensif. metode Wafa merupakan inovasi dalam pembelajaran al-Qur’an yang dikemas secara menyenangkan dengan cara optimalisasi otak kiri dan kanan sehingga pembelajaran bersifat kreatif dan menyenangkan serta memiliki hafalan yang bersifat long termKekurangan metode wafa adalah mudahnya mendapatkan sertifikasi metode wafa bagi para pemohon terkesan kurang serius dalam membina guru pemohon sertifikasi metode wafa. Hal ini akan berimbas pada rendahnya kualitas pengajaran yang dilakukan oleh para pemohon sertifikasi metode wafa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Wafa; Pembelajaran Al-Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:44
Last Modified: 31 Aug 2018 03:44
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item