ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SDN KRIAN 2 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN

Hartini, Tri Nanda (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SDN KRIAN 2 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
7,7 Tri Nanda-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (485kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pecahan sebagai dasar dalam belajar operasi hitung di lakukan di kelas IV SD yang mencakup materi menyederhanakan berbagai bentuk pecahan, operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta pemecahan masalah matematika. Pada materi pecahan masalah matematika bisanya di sajikan dalam bentuk cerita, akan tetapi tidak semua siswa dapat menyelesaikannya dengan mudah. Terbukti masih ada banyak kesalahan yang di lakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan. Oleh karena itu untuk mengatasi kesulitan yang di alami siswa, maka dapat di lakukan analisis kesalahan secara mendetail pada materi pecahan yang berbentuk soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk mengetahui kesalahan apa saja yang di lakukan oleh siswa beserta faktor penyebab kesalahan itu terjadi. Dengan demikian guru dapat membantu kesulitan yang di alami oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Krian 2 semestr 2 yang terdiri dari 30 siswa. Instrument yang di gunakan adalah tes soal uraian dan wawancara. Dari hasil analisis data di peroleh kesalahan yang di lakukan oleh siswa meliputi kesalahan konsep, prinsip, algoritma, operasi, dan acak. Faktor-faktor penyebabnya ialah (1) Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar pecahan senilai (2) Kurangnya pengetahuan siswa terhadap keterampilan prasyarat dalam menggunakan konsep KPK (3) Siswa kurang memahami prosedur/ langkah-langkah operasi hitung pecahan (4) Kurang telitinya siswa dalam mengerjakan soal dan mengoperasikan bilangan (5) Serta kurangnya pemahaman siswa dalam mencermati soal yang di berikan sehingga membuat siswa merasa bigung dan tidak tahu apa yang harus di lakukan. Selain itu siswa juga lebih percaya diri untuk bertanya kepada temannya dari pada bertanya kepada guru sehingga hasil jawaban yang di peroleh cenderung mirip dengan temannya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 Aug 2017 21:16
Last Modified: 09 Aug 2017 21:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item