Strategi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Islami Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo

Qurrota'ayun, Kholili (2018) Strategi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Islami Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap 142071000012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Strategi dalam menanamkan karakter Islami yang dilakukan di MTs Negeri 2 Sidoarjo merupakan proses yang sangat penting dalam mewujudkan fondasi anak sholeh dan sholehah. Dan strategi penanaman karakter Islami ini jarang sekali dilakukan oleh SMP maupun MTs lainnya. Metode atau upaya yang dilakukan madrasah ini bertujuan agar menghasilkan anak didik yang berkarakter juga berperilaku sesuai dengan ajaran agama Islam. Tujuan dilakukannya penelitian ini agar bisa mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan para pendidik khusunya guru Pendidikan Agama Islam di MTsN 2 Sidoarjo dalam menanamkan karakter Islami pada peserta didiknya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilihat dari jenisnya menggunakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi yang meneliti tentang budaya dalam suatu komunitas tertentu. Strategi penanaman mengarah pada budaya madrasah, dan yang dimaksud strategi penanaman disini adalah strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter Islami pada peserta didik di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (data conclusion drawing/ verification). Strategi penanaman karakter di MTs Negeri 2 Sidoarjo diterapkan melalui empat metode, yaitu pembiasaan, keteladanan, penanaman dan penegakan kedisiplinan dan komunikasi yang baik. Proses pelaksanaan strategi ini pada awalnya merupakan gagasan dari guru Pendidikan Agama Islam yang akhirnya ditetapkan menjadi kebijakan madrasah. Setiap pelaksanaan kegiatan penanaman melibatkan para pendidik terutama guru Pendidikan Agama Islam. Dan hasil dari strategi penanaman karakter ini dibuktikan perilaku peserta didik lebih baik dan kenakalan peserta didik pun mulai berkurang. Diantara karakter yang sudah tertanam yaitu giat beribadah, terbuka dan jujur, disiplin dan menghargai waktu, perilaku semakin terarah, bertanggung jawab, memiliki rasa peduli sosial dan rasa ingin tahu, juga sikap bersahabat atau komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam; Karakter Islami
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:17
Last Modified: 29 Aug 2018 07:17
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5235

Actions (login required)

View Item View Item