PENGARUHPROFESIONALISME GURUPELAJARANPENDIDIKAN AL- ISLAMTERHADAPPRESTASIBELAJAR SISWA DISMP MUHAMMADIYAH 8 TANGGULANGIN

Lukmanah, Erlita Hardiyanti (2018) PENGARUHPROFESIONALISME GURUPELAJARANPENDIDIKAN AL- ISLAMTERHADAPPRESTASIBELAJAR SISWA DISMP MUHAMMADIYAH 8 TANGGULANGIN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap 142071000016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini membahas pengaruh Profesionalisme guru pelajaran pendidikan Al- Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya minimnya tenaga pengajar yang profesional yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) sejauh mana pengaruh Profesionalisme guru pelajaran pendidikan Al- Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin, dan 2) pengaruh yang tumbuh dari Profesionalisme guru pelajaran pendidikan Al- Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin yang berjumlah 131 siswa, dikarenakan tidak mungkin seluruh populasi diteliti, mengingat terbatasnya waktu, biaya, dan tenaga, serta tidak mungkin dilakukan penelitian populasi. Oleh karena itu, peneliti hanya memfokuskan pada siswa kelas VII yang berjumlah 38 siswa dengan mengambil sampel mengunakan sampling sistematis, dimana dalam pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil nomor genap saja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Setelah dilakukan perhitungan melalui pendekatan analisis product moment tersebut diperoleh hasil koefisien korelasi (r_xy) dengan nilai 0,637. Sedangkan hasil dari koefisien dari (r_t) dengan responden (N=19) untuk taraf signifikansi 5 % adalah 0,456 dan taraf signifikansi 1 % adalah 0,575. Sehingga koefisien korelasi pada tabel baik taraf signifikansi 5 % ataupun 1 % diperoleh angka yang signifikan, yang artinya bahwa hipotesis nihil (H_O) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa ada pengaruh yang tinggi antara Profesionalisme guru pelajaran pendidikan Al-Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin, karena 0,637berada pada interpretasi6,001 - 8,000.Dimana Profesionalisme guru pelajaran pendidikan Al- Islam tersebut dapat terlihat dalam cara penyampaian materi ke anak-anak serta pemilihan media yang bervariasi dalam proses belajar mengajar membuat pelajaran dapat terserap dengan baik dan pembelajaran menjadi menarik, diantaranya melalui media audio visual seperti LCD atau laptop serta media visual seperti majalah atau koran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru; Pendidikan Al- Islam; Prestasi Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:21
Last Modified: 29 Aug 2018 06:21
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item