IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI ANTARA KURIKULUM GONTOR, MUHAMMADIYAH DAN KEMENDIKNAS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 9 MUHAMMADIYAH TANGGULANGIN

hidayat, ega arif (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI ANTARA KURIKULUM GONTOR, MUHAMMADIYAH DAN KEMENDIKNAS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 9 MUHAMMADIYAH TANGGULANGIN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 142071000037.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya penggunaan ketiga kurikulum dalam pelajaran keagamaan di SMP 9 Muhamadiyah Boarding School. Penggunaan dengan tiga kurikulum dalam pelajaran keagamaan merupakan keunikan dalam sebuah lembaga pendidikan, ketiga kurikulum tersebut adalah Kurikulum Pemerintah, Kurikulum Muhammadiyah dan Kurikulum Gontor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep implementasi kurikulum terintegrasi serta keunggulan dan kekurangan dari hasil kurikulum terintegrasi. Hasil dari penelitian diharapkan menjadi sebuah saran / kritikan dalam pengembangan konsep kurikulum terintegrasi yang diterapkan di sekolah maupun dalam lembaga pendidikan lainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan latar belakang terbentuknya kurikulum terintegrasi dengan metode penelitian pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data yang diperoleh dalam penelitian dan memberi kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan : 1). Penerapan Kurikulum Pemerintah, Kurikulum Muhamadiyah dan Kurikulum gontor dalam sebuah pelajaran Keagamaan seperti Bahasa Arab, Fiqh, Tajwid, Tarikh Tasryi Mutholaah, Aqidah Ahlak, 2). Dalam penerapanya, untuk kurikulum Muhammadiyah menggunakan ISMUBA (Al-islam, Kemuhammadiyahan) sedangkan Bahasa Arabnya mengikuti Kurikulum Gontor, 3). Keunggulan dan kekurangan dari kurikulum terintegrasi adalah kurang menariknya proses belajar mengajar yang disebabkan oleh guru sehingga siswa kurang efektif dalam memahami pelajaran, sedangkan keunggulannya siswa yang mampu memahami akan mendapat ilmu yang lebih banyak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Terintegrasi; Metode; Implementasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:24
Last Modified: 29 Aug 2018 07:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item