Manajemen Pendidikan Inklusi

Adillah, Farisa (2018) Manajemen Pendidikan Inklusi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148620600264.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang saat ini sudah mulai berkembang di masyarakat mengenai pendidikan inklusi. Sidoarjo adalah kabupaten yang mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten inklusi. Dengan gelar sebagai kabupaten inklusi, manajemen pendidikan inklusi di Sidoarjo harusnya menjadi sorotan masyarakat dalam memilih pendidikan untuk anak-anaknya. Keberhasilan manajemen didalam sebuah sekolah sangat berpengaruh terhadap sumber daya manusia yang profesional. Dan keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh kenyamanan peserta didik dalam belajar disekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen inklusi di sekolah yang menjadi percontohan di Sidoarjo yang meliputi 1) manajemen peserta didik, 2) manajemen kurikulum, 3) manajemen pembelajaran, 4) manajemen tenaga pendidik, 5) manajemen sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar inklusi di Sidoarjo yang dijadikan percontohan oleh bupati Sidoarjo. Sesuai dengan sebutannya, sekolah percontohan sudah seharusnya menjadi panutan bagi sekolah lain yang ingin menyelenggarakan program inklusi. Karna sekolah tersebut digunakan sebagai contoh untuk sekolah lain, maka pandangan masyarakat terhadap sekolah tersebut sangatlah bagus. Masyarakat menilai bahwa sekolah tersebut sangat layak untuk disebut sekolah inklusi dan banyak dari orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus mempercayakan anaknya untuk belajar disana. Namun pada kenyataanya, peneliti menemukan berbagai hal yang tidak sesuai dan tidak semestinya dilakukan oleh sekolah yang dijadikan contoh. Manajemen inklusi yang seharusnya berjalan di sekolah tersebut nyatanya tidak berjalan dengan baik. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi acuan untuk mengembangkan dan memperbaiki manajemen di sekolah inklusi yang sudah berjalan begitupun bagi sekolah yang akan menjalankan program inklusi agar lebih menata dan menjalankan manajemen inklusi dengan baik. Kata Kunci : inklusi, peserta didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: inklusi; peserta didik berkebutuhan khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:06
Last Modified: 29 Aug 2018 04:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item