Umam, Mohammad Irsyadul (2018) Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di TPQ Sirojudin Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap-142071000019.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Al-Quran adalah pedoman hidup umat Islam, maka sudah sepantasnya bagi kita yang mengaku umat Islam untuk mempelajarinya. Jika kita tengok generasi saat ini banyak yang tidak mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, untuk itu diperlukan metode yang mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi metode ummi dalam proses pembelajaran Al-Quran pada santri TPQ Sirojudin Tulangan, (2) Faktor pendukung keberhasilan metode ummi TPQ Sirojudin Tulangan, (3) Faktor yang menjadi penghambat keberhasilan metode ummi di TPQ Sirojudin Tulangan (4) Solusi dari faktor yang menghambat implementasi Metode Ummi di TPQ Sirojudin Tulangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan oleh peneliti adalah teknik wawancara, teknik obervasi dan teknik dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis interaktif dalam menganalisis data dengan 3 tahapan (1) Reduksi data, (2) Display data, (3) Kesimpulan/Verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilakukan di TPQ Sirojudin Tulangan dengan menggunakan metode ummi dilakukan dengan cara langsung tanpa dieja, Dengan menggunakan 7 tahap pembelajaran yaitu: tahap persiapan, tahap apersepsi, tahap penanaman konsep, tahap pemahaman konsep, tahap latihan/keterampilan, tahap evaluasi, dan tahap penutup. Sistem yang digunakan dalam pembelajaran adalah sistem klasikal artinya ustadz/ustadzah dan santri membuka halaman yang sama dan membaca halaman tersebut secara bersama-sama. Dalam pembelajaran yang dilakukan di TPQ sirojudin juga dilengkapi dengan target hafalan di setiap jilidnya. Rasio yang digunakan antara guru dan santri adalah 1:15. Hal tersebut membuat pembelajaran menjadi efektif dan mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Sirojudin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skipsi |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Implementasi Metode Ummi; Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 06:13 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 06:13 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5178 |
Actions (login required)
View Item |