PERBEDAAN SCHOOL WELL BEING PADA SISWA SMP FULL DAY SCHOOL DAN NON FULL DAY SCHOOL

Nurcahyaningsari, Dhenis (2018) PERBEDAAN SCHOOL WELL BEING PADA SISWA SMP FULL DAY SCHOOL DAN NON FULL DAY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
DHENIS NURCAHYANINGSARI 142030100021 SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan school well being pada siswa, khususnya pada siswa SMP. Dimensi school well being (having, loving, being, health) dapat bermanfaat untuk menunjang program belajar siswa di sekolah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2017 mengenai hari sekolah, pemerintah mengadakan program sekolah yaitu full day school dengan tujuan sebagai program penguatan pendidikan karakter (PPK). Di Jawa Timur, khususnya kota Sidoarjo memiliki beberapa sekolah dengan pelaksaan program full day school dan program reguler (non full day school). Berdasarkan hasil survey dan wawancara pada siswa dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan school well being pada siswa full day school dan non full day school pada beberapa dimensi, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan school well being pada SMP siswa full day school dan non full day school.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komperatif. Penentuan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling pada siswa SMP kelas X dan XI di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo sebanyak 330 siswa dan MtsN 1 Sidaorjo sebanyak 330 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala school well being dengan model likert. Teknik analisa menggunakan independent sampel t-test.Hasil t-test dengan sig. < 0.05 (lebih kecil) yakni 0.000 yang artinya bahwa terdapat perbedaan pada school well being pada siswa SMP full day school (mean: 94,8545) dan non full day school (mean: 104, 2182). Artinya bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : school well being; full day school; non full day school
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > School of Psychologycal Science
Depositing User: Psikologi umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 10:24
Last Modified: 28 Aug 2018 10:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item