PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS

ningsih, dwi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - 148620600154.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi di SDN Sumorame. Melalui observasi yang sudah dilakukan di SDN Sumorame bahwa dalam proses pembelajaran IPS siswa merasa cepat bosan dan siswa lebih suka menggambar di buku saat pelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan masih mengharuskan siswa membuat catatan-catatan yang bersifat linier serta masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, tetapi jika di lihat dari nilai IPS siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan maksimum. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk menggali kreativitas siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Sumber data di peroleh dari hasil tes kreativitas siswa pada materi lingkungan alam dan lingkungan buatan. Teknik pengumpalan data menggunakan lembar tes yaitu pretest dan posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji eta squared. Hasil dari perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung 20,11 sedangkan ttabel dengan taraf signifikasi 5% = 2,052. Dengan demikian thitung > ttabel, yaitu 20,11 > 2,052. Sedangkan dari uji eta squared diperoleh hasil 0,93. Dengan demikian 0,93 > 0,14. Artinya ada pengaruh besar antara model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas siswa kelas III dalam mata pelajaran IPS pada materi lingkungan alam dan lingkungan buatan di SDN Sumorame.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Mind Mapping; IPS; Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 09:48
Last Modified: 28 Aug 2018 09:48
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item