Illahi, Rizka Ayu Kurnia (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 BLURU KIDUL SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP-148620700011.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berhitung permulaan merupakan suatu kemampuan dalam mengenal matematika dasar yang dapat dirangsang sejak usia dini. Perkembangannya dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya, sejalan dengan perkembangan kemampuan anak yang dapat meningkat ke tahap pengertian mengenai angka atau jumlah, yaitu berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penerapan permainan tradisional congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Bluru Kidul Sidoarjo, dilakukan dengan cara membilang angka 1 sampai 20, membandingkan jumlah biji congklak yang lebih banyak dan lebih sedikit, menuliskan lambang bilangan sesuai dengan jumlah biji congklak dan memahami penambahan dan pengurangan secara sederhana melalui bermain congklak. Hasil penerapan permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada pra siklus ketuntasan nilai keseluruhan anak adalah 48,5%, siklus I adalah 72,7% dan siklus II adalah 89,1%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Bluru Kidul Sidoarjo, setelah dilakukan permainan tradisional congklak dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung Permulaan; Permainan Tradisional Congklak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education |
Depositing User: | paud paud umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 08:51 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 08:51 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5083 |
Actions (login required)
View Item |