Hisab, Syariul (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM POPOH WONOAYU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM POPOH WONOAYU 148620600095.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh dan tingkat pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design, subjek penelitian adalah siswa MI Miftahul Ulum Popoh Wonoayu, teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan analisis data menggunakan uji hipotesis dan rumus eta squared. Hasil pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa diperoleh t-hitung > t-tabel yakni 17,12 > 1,782. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Sementara itu hasil rumus eta-squared diperoleh 0,96. Hal ini menunjukkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah memiliki tingkat pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran ; Berbasis Masalah ; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 08:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 08:49 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5079 |
Actions (login required)
View Item |