FUNGSI DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP AL AMIN PACIRAN LAMONGAN

ALFARIKH, ASIF (2018) FUNGSI DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP AL AMIN PACIRAN LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
TESIS LENGKAP - 158610800066.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Fungsi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan sekolah yang direncanakan sebelumnya, termasuk di dalamnya adalah bagaimana mengoptimalkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Amin Paciran Lamongan dengan rumusan masalah antara lain: (1) Bagaimana fungsi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al Amin Paciran Lamongan? (2) Bagaimana capaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al Amin Paciran Lamongan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Al Amin Paciran Lamongan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah fungsi kepala sekolah dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis berhasil meningkatkan kinerja pendidik maupun tenaga kependidikan mencapai 100%. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan antara lain: (a) Kepala sekolah dan 5 pendidik berpendidikan S2 dan 1 pendidik proses S2; (b) Buku perpustakaan sudah memadahi untuk panduan belajar; kepala sekolah memiliki banyak pengalaman mengenai SMP Al Amin Paciran Lamongan; (c) Sekolah swasta namun terakreditasi A; manajemen sekolah cukup bagus; penanaman nilai karakter terhadap peserta didik sudah bagus; (d) memiliki target capaian hafalan minimal 2 juz al Qur’an, sedangkan faktor penghambat antara lain: (a) merupakan sekolah yayasan, dimana pendanaan tergantung pada yayasan dan peserta didik; (b) kepala sekolah dianggap kurang dekat secara emosional oleh beberapa pendidik; (c) 5 tenaga kependidikan belum S1; (d) masih ada pendidik yang datang terlambat ke sekolah; (e) karya ilmiah masih minim; prestasi peserta didik di bidang akademik masih kurang; serta (f) sarana dan prasarana berupa gedung masih kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; kinerja; pendidik; tenaga kependidikan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate > Master's of Islamic Education
Depositing User: mpdi umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:56
Last Modified: 28 Aug 2018 07:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item