PERKEMBANBANGAN SOSIO-EMOSIONAL PADA ANAK TUNADAKSA (STUDI KASUSU PADA SISWA DI SDLB AL CHUSNAINI SUKODONO)

Cahyani, Atika Dwi (2018) PERKEMBANBANGAN SOSIO-EMOSIONAL PADA ANAK TUNADAKSA (STUDI KASUSU PADA SISWA DI SDLB AL CHUSNAINI SUKODONO). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-142030100024.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran perkembangan sosio-emosional pada anak tunadaksa serta faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosio-emosional pada anak tundaksa. Metode penelitian ini adalah menggunakan kualitatif studi kasus dengan menggunakan 3 orang subyek berusia 6-14 tahun penyandang tunadaksa serta 5 orang significant other. Penentuan subyek menggunakan purposive sampel yang berlokasi di SDLB Al-Chusnaini Sukodono. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara yang dilengkapi dengan pedoman wawancara serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diantara ketiga subyek, dua orang subyek menunjukkan memiliki perkembangan sosio-emosional yang sesuai dengan usianya serta satu orang subyek yang memiliki perkembangan sosio-emosional yang tidak sesuai dengan usianya. Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosi-emosional pada masing-masing subyek diantaranya adalah faktor lingkungan yang menyenangkan, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan yang memberi rangsangan, faktor pemuasan emosi, faktor beban tanggung jawab, serta faktor metode mendidik anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Perkembangan sosio-emosional: Anak tunadaksa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Psychology > School of Psychologycal Science
Depositing User: Psikologi umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 09:02
Last Modified: 28 Aug 2018 09:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5052

Actions (login required)

View Item View Item