Agustina, Mia (2018) PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III SDN RANDEGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.
Text
Skripsi lengkap-148620600290.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan dalam pengembangan proses pembelajaran bahwa siswa dituntut agar dapat menguasi pemahaman konsep dalam proses belajar. media yang kurang menarik menjadikan pemahaman siswa berkurang. Media ini digunakan untuk memberikan dampak pada kemampuan pemahaman siswa khusunya dalam materi Kenampakan Permukaan Bumi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Randegan, Kecamatan Tanggulangin. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group. Pengaruh media komik terhadap pemahaman konsep IPA dapat dinalisis menggunakan uji t-test. Subjek penelitian sebanyak 42 siswa, 21 siswa di kelas kontrol dan 21 siswa di kelas eksperimen. Data yang dianalisis melalui pretest dan posttest. Diperoleh hasil thitung 13,05 sedangkan pada ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 sebesar 2,021, maka dapat diperoleh persamaan thitung (13,05) > ttabel (2,021) dapat disimpulkan ada pengaruh media komik terhadap pemahaman konsep IPA. Dari analisis eta squared diperoleh hasil 0,81 > 0,14 bahwa media komik berpengaruh besar terhadap pemahaman konsep IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | ipa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 06:46 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 06:47 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5036 |
Actions (login required)
View Item |