PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III DI SDN BLIGO CANDI

NOVITASARI, DIANA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III DI SDN BLIGO CANDI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
SKRIPSI.DIANA NOVITASARI.148620600280.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Di SDN Bligo Candi ditemukan permasalahan mengenai hasil belajar PKn. Pembelajaran yang terbiasa menggunakan metode ceramah, guru lebih cenderung pada penjelasan materi dan pemahaman yang abstrak. Selain itu dengan melihat hasil belajar kelas III tentang materi mengenal kekhasan bangsa dari 30 siswa, sekitar 55% yang memenuhi KKM, padahal KKM yang ditetapkan adalah 70. Berdasarkan fakta tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengembangkan penelitian mengenai materi kekhasan bangsa Indonesia dengan menerapkan model Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN Bligo Candi pada mata pelajaran PKn. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental design tipe One group pretest-posttest. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas III dengan jumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Sumber data yang diperoleh dari hasil belajar kognitif berupa nilai pretest dan posttest. Instrument yang digunakan yaitu lembar tes, perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar validasi perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji besar pengaruh (Eta Squared). Hasil dari perhitungan yaitu hasil uji hipotesis yang diperoleh dari thitung yaitu 34,24. thitung (34,24) > ttabel (1,699). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil dari uji besar pengaruh diperoleh dari kriteria interpretasi. thitung yang diperoleh dari perhitungan yaitu 0,97. Sehingga diinterpretasikan bahwa thitung (0,97) > 0,14. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Think Pair Share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III di SDN Bligo Candi dan ada pengaruh besar dari penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III di SDN Bligo Candi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share; PKn; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:58
Last Modified: 28 Aug 2018 06:58
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5033

Actions (login required)

View Item View Item