IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TINGKAT METAKOGNISI

Yahya, Ach. Zamroni (2018) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TINGKAT METAKOGNISI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsifull_Ach.ZamroniYahya.148620600269.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Kemajuan pengetahuan dan teknologi menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, sistematis dan logis. Kemampuan tersebut diperoleh melalui penalaran matematis. Tujuan penelitian untuk mengetahui penalaran matematis siswa SD dalam memecahkan masalah berdasarkan tingkat metakognisi. Jenis penelitian adalah kualitatif ekploratif dengan metode tes penalaran matematis, observasi, dan wawancara. Pemilihan subjek dari kuisioner metakognisi yang diadaptasi dari sperling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat metakognisi sedang mampu menganalisis data dengan cukup baik, menentukan dan memilih dugaan yang tepat meskipun belum konsisten, pembuktian dan kesimpulan yang didapat benar tetapi belum konsisten kebenarannya. Siswa tingkat metakognisi tinggi mampu menganalisis masalah, memberikan dan memilih dugaan yang tepat tetapi belum konsisten. Pembuktian dan kesimpulannya tepat tetapi belum konsisten kebenarannya, serta bisa memberikan kebenaran yang logis. Siswa tingkat metakognisi sangat tinggi mampu menganalisis data, memberikan memilih dugaan dengan tepat, pembuktian dan kesimpulannya sudah benar beserta bukti kebenaran yang logis, serta bisa mengevaluasi proses berpikirnya meskipun belum konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: penalaran matematis; pemecahan masalah; tingkat metakognisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:33
Last Modified: 28 Aug 2018 06:33
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item