PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SDN BORO TANGGULANGIN SIDOARJO

Budianti, Norma Linda (2018) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SDN BORO TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skirpsi lengkap - 148620600281 (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran think talk write dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Quasy eskperimental bentuk kelompok pretest-posttest. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 43 siswa yang terdistribusi dari kelas IV A dan IV B. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis pertama menunjukkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 56,1 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,4 terdapat peningkatan nilai rata-rata 17,3. Sedangkan hasil analisis kedua menggunakan N-gain kelas eksperimen menunjukkan angka 0,39 dalam kriteria peningkatan sedang dan hasil n-gain dikelas kontrol menunjukkan angka 0,06 dalam kriteria peningkatan rendah. Berdasarkan analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih besar daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Think talk write; komunikasi matematis; konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:39
Last Modified: 28 Aug 2018 06:39
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4992

Actions (login required)

View Item View Item