Rohmah, Nurul (2018) EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600239.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk pada program Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, evaluasi ini menggunakkan model CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa langkah yang diambil dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakkan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dari komponen konteks karakteristik literasi warga sekolah masih belum mendukung, lingkungan literasi mendukung secara maksimal pada program GLS, (2) dari komponen input, program ini berpengaruh terhadap perkembangan berfikir peserta didik, sarana prasarana cukup lengkap dan dalam kondisi baik; (3) dari komponen proses, program GLS pelaksanaan berjalan sesuai dengan Desain Induk GLS yang telah direncanakan, tetapi pada implementasinya terdapat permasalahan, disekolah kurangnya perawatan dan penginventarisasian buku; (4) dari komponen produk peserta didik termotivasi dalam membaca buku, semua peserta didik aktif menulis pengalaman pribadi di buku catatan harian dan beberapa target yang akan dicapai pada program yang direncanakan telah tercapai sehingga berdampak pada kualitas literasi pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan oleh karena itu, mereka berhak untuk melanjutkan di periode berikutnya dengan beberapa perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI |
Uncontrolled Keywords: | Program gerakan literasi sekolah, evaluasi, CIPP |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:44 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:44 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4960 |
Actions (login required)
View Item |