Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGSD

Wulandari, Fitria and Megawati, Fika (2017) Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGSD. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TX-Fitria Wulandari.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal mahasiswa PGSD kelas A2 semester 3 ditemukan bahwa pada mata kuliah pendidikan IPA SD kelas awal mahasiswa masih belum tampak mengembangkan kreativitas dalam menyelesaikan suatu masalah, terbukti dalam mata kuliah tersebut mahasiswa kurang dapat bisa menyelesaikan suatu masalah. Mahasiswa belum dapat mengungkapkan suatu ide atau gagasan yang melibatkan kelancaran berpikir, keluwesan, originalitas dan elaborasi. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti ingin meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD kelas A2 smester 3 dalam mata kuliah pendidikan IPA SD Kelas awal dengan menggunakan model pembelajaran metaphorming yang dapat digunakan untuk merangsang mahasiswa menumbuhkan kreativitasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran metaphorming untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD, dan bagaimana peningkatan hasil kreativitas mahasiswa PGSD setelah penerapan model pembelajaran metaphorming. Dalam penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menurut Kemmis & Mc. Taggart (1990), tahapan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi, dan rencana perbaikan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, dokumentasi dan tes kreativitas mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan perkuliahan dosen pada perkuliah siklus I menunjukkannskor 29 dan prosentasi keberhasilan 90,6% dan siklus II dengan skor 30 dengan prosentase keberhasilan 93,33% dengan kategori keberhasilan sangat baik. Sedangkan hasil analisis data tes kreativitas mahasiswa siklus I menunjukkan rata-rata tes kreativitas mahasiswa sebesar 72,66 dengan prosentase ketuntasan 46,66% dan tidak tuntas 53,33%. Dan hasil kreativitas mahasiswa siklus II rata-rata sebesar 79,33 dengan prosentase ketuntasan 93,33% dan tidak tuntas 6,66%. Peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa pada siklus I dan siklus II 46,67%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran metaphorming dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD kelas A2 semester 3 pada mata kuliah pendidikan IPA SD kelas awal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran metaphorming; Kreativitas mahasiswa PGSD.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:38
Last Modified: 31 Jul 2017 07:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item