PENGARUH MEDIA GEOBOARD DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIA MATA PELAJARAN KELAS V SDN CANDIHARJO

Firda, Zahrotul (2018) PENGARUH MEDIA GEOBOARD DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIA MATA PELAJARAN KELAS V SDN CANDIHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148620600235.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Media Geoboard dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Candiharjo didasari oleh pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar, yang bertujuan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam menyelesaikan suatu pemecahan masalah, terutama masalah luas bangun datar beraturan maupun tidak beraturan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji Pengaruh Media Geoboard dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Candiharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir kritis Pretest dan Posttest. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil N-Gain yaitu 0,59 sehingga penelitian ini dinyatakan ada pengaruh. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji Eta Suared yaini 0,87. Perhitungan dengan melakukan uji Eta Squared, diperoleh hasil sebesar 0,87 yang kemudian diimplementasikan dalam katagori interprestasi Eta Squared dan dinyatakan dalam katagori terdapat pengaruh besar karena t > 0,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media Geoboard terhadap kemampuan Berfikir Kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika SDN Candiharjo memalui pembelajaran Problem Based Learning adalah besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Geoboard; Problem Based Learning; Berfikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:06
Last Modified: 28 Aug 2018 04:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item