Sartika, Septi Budi and Nuroh, Ermawati Zulikhatin (2017) Peningkatan Keterampilan Berpikir Analisis Siswa SMP Melalui Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.
|
Text
ARTIKEL Septi Budi Sartika 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir analisis siswa SMP dalam menyelesaikan soal IPA melalui pembelajaran IPA terpadu berbasis keterampilan proses sains. Indikator berpikir analisis menggunakan 3 indikator yaitu membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusi. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan one group pretest and posttest design, dengan kelas uji coba di SMP Negeri Sidoarjo. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh nilai peningkatan skor tes keterampilan berpikir analisis dari nilai pretest ke posttest yaitu topik-1 sebesar 12,13 dan topik-2 sebesar 12,04, artinya terdapat peningkatan dari nilai pretest dan posttest.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Analisis; Pembelajaran IPA Terpadu; keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education |
Depositing User: | fkip 2017 |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 07:38 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 07:38 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/489 |
Actions (login required)
View Item |