PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN BLIGO CANDI

yusuf, mumtazah rahmayadi (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN BLIGO CANDI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600215.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Mind Mapping terhadap keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bligo Candi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuatitatif eksperimen dengan jenis Pre Experimental Design tipe One Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan perhitungan eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV di SDN Bligo Candi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 42,08 > 2,042, dan besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,98. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat Pengaruh besar antara metode Mind Mapping terhadap keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bligo Candi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping; Keterampilan Menulis Deskripsi; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 09:35
Last Modified: 27 Aug 2018 09:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4803

Actions (login required)

View Item View Item