yusuf, mumtazah rahmayadi (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN BLIGO CANDI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600215.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Mind Mapping terhadap keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bligo Candi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuatitatif eksperimen dengan jenis Pre Experimental Design tipe One Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan perhitungan eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV di SDN Bligo Candi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 42,08 > 2,042, dan besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,98. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat Pengaruh besar antara metode Mind Mapping terhadap keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bligo Candi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping; Keterampilan Menulis Deskripsi; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 09:35 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 09:35 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4803 |
Actions (login required)
View Item |