PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN KELIPECABEAN CANDI SIDOARJO

Nurdiyana, Yani (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN KELIPECABEAN CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi lengkap-148620600230.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis narasi terhadap menggunakan media pembelajaran film animasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre Eksperimen Design tipe One Group Pre-test Post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari nilai Pretest dan Posttest. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tulisan narasi siswa dari nilai rata-rata Pre-test 53,55 meningkat menjadi 81,88. Peningkatan ini terjadi karena adanya film animasi yang sesuai dengan karakter siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan t-test 39,80. Berdasakan perhitungan dengan melakukan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,97. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh besar antara media film animasi terhadap keterampilan menulis narasi kelas IV SDN Kalipecabean pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Film Animasi; Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 09:33
Last Modified: 27 Aug 2018 09:33
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item