Nurdiyana, Yani (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN KELIPECABEAN CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
skripsi lengkap-148620600230.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis narasi terhadap menggunakan media pembelajaran film animasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre Eksperimen Design tipe One Group Pre-test Post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari nilai Pretest dan Posttest. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tulisan narasi siswa dari nilai rata-rata Pre-test 53,55 meningkat menjadi 81,88. Peningkatan ini terjadi karena adanya film animasi yang sesuai dengan karakter siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan t-test 39,80. Berdasakan perhitungan dengan melakukan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,97. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh besar antara media film animasi terhadap keterampilan menulis narasi kelas IV SDN Kalipecabean pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Film Animasi; Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 09:33 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 09:33 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4799 |
Actions (login required)
View Item |