Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam kelas VIII D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan

fitri, wahyu (2018) Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam kelas VIII D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi lengkap - 142071000036.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat peserta didik kelas VIII D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan dalam mata pelajaran Al Islam. Dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah atau cerita.Sehingga membuat peserta didik bosan dan jenuh. Hal inilah yang membuat kurangnya minat peserta didik dengan pelajaran Al Islam. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui minat belajar peserta didik kelas VIII D sebelum diterapkannya metode role playing dan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode role playing dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Dimana yang menjadi subyeknya adalah kelas VIII D SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi.Penelitian ini dilakukan sebanyak 3siklus. Dalam pengumpulan data, menggunakan teknik observasi aktifitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan metode role playing, observasi minat belajar, wawancara serta angket minat belajar. Hasil data yang diperoleh pada siklus I aktifitas belajar peserta didik mendapatkan skor rata-rata 56,66%, siklus II skor rata-rata 83,33% dan siklus III skor rata-rata 93,35%. Untuk perolehan skor rata-rata minat peserta didik yaitu siklus I 28,1, siklus II 32,41 dan siklus 38,34. Pada setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan yang signifikan.Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan minat belajar pelajaran Al Islam siswa kelas VIII D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing; Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:20
Last Modified: 29 Aug 2018 07:20
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4796

Actions (login required)

View Item View Item