Pelaksanaan Pembentukan Moral Siswa Melalui Ekstrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasae

Amaliyah, Hena Dia Ayu (2018) Pelaksanaan Pembentukan Moral Siswa Melalui Ekstrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasae. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600105.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembentukan moral siswa di sekolah dasar melalui ekstrakulikuler pramuka di SDN Anggaswangi 2 Sukodono Sidoarjo pada siswa kelas 4A.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive.Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, pembina pramuka, dan anggota pramuka.Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Mei 2018.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) konsep pelaksanaan nilai moral ekstrakulikuler pramuka di SDN Anggaswangi 2 terdapat perencanaan, penanaman nilai moral, pelaksanaan dan tanggapan kegiatan. (2) Kesenjangan internalisasi nilai moral pada individu siswa di lingkungan sekolah dengan di lingkungan rumah. (3) faktor yang menghambat pelaksanaan nilai moral adalah kurangnya dukungan dan motivasi dari orangtua dan kurangnya antusias siswa dalam melaksanakan pramuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: nilai moral; ekstrakulikuler pramuka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 09:23
Last Modified: 27 Aug 2018 09:23
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item