Nurahayu, Devi Isroh (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD KELAS III MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
skripsi-Devi Isroh Nurahayu-148620600043.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas III mata pelajaran matematika SD Negeri Randegan Tanggulangin, serta menganalisis tingkat pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas III mata pelajaran matematika SD Negeri Randegan Tanggulangin. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah stastistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang positif antara pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas III mata pelajaran matematika SD Negeri Randegan Tanggulangin, dan diperoleh t_(hitung ) (4,58) kemudian dibandingkan dengan t_(tabel ) (2,021), untuk taraf signifikan 5% diketahui bahwa nilai t_(hitung )> t_(tabel ), jadi t_(hitung ) (4,58)> t_(tabel ) (2,021). 2) Adanya tingkat pengaruh yang besar dan signifikan antara pendekatan pendekatan konstrutivisme terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas III mata pelajaran matematika SD Negeri Randegan Tanggulangi, dibuktikan dari hasil perhitungan data dengan menggunakan rumus Eta Squared diperoleh nilai 0,34 0,14 yang artinya mempunyai pengaruh besar. Kata kunci : Pendekatan Konstruktivisme, Keterampilan Berpikir Kritis, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme, Keterampilan Berpikir Kritis, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 08:42 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 08:42 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4783 |
Actions (login required)
View Item |