PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN KEBONAGUNG II PORONG

Rahmawati, Devi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN KEBONAGUNG II PORONG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 148620600069.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan sebuah permasalahan yang ada dikelas dengantujuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang belum dicapai. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan bentuk pre-eksperimental designs jenis one group pretest-posttest. Populasi yang dijadikan objek penelitian ini populasi adalah siswa kelas V SDN Kebonagung 2 Porong. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN 2 Porong kelas V yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yaitu Pretest dan Posttest. Instrumen penelitian ini menggunakan RPP. Teknik pengumpulan data pada penelitian meliputi metode observasi tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan manual. Perhitungan didapatkan rata-rata pretes5,3 dan posstets 8,5. Data dianalisis menggunakan uji t dan Eta squer. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Kebonagung II Porong. Hal ini terbukti dari hasil penelitian diketahui bahwa harga thitung = 31,38 dan ttabel = 1,717 sehingga menunjukkan bahwa adaPengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Kebonagung II Porong. Karena thitung> ttabel. Tingkat pengaruh penggunaan model pembelajaran resolusi konflik adalah sebesar 29,66 (Bernilai Positif). Sedangkan diperoleh rata-rata keseluruhan Eta squared sebesar 0,98 artinya seberapa tingkatPengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Kebonagung II Porong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Langsung ; Hasil Belajar Kognitif ; PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:53
Last Modified: 27 Aug 2018 08:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item