PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BENTENG BERBASIS TAKESI (KETERAMPILAN ARGUMEN MATEMATIKA KREATIVITAS MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMAMPUAN IMAJINASI) UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA

Anisa'ul, Imas (2018) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BENTENG BERBASIS TAKESI (KETERAMPILAN ARGUMEN MATEMATIKA KREATIVITAS MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMAMPUAN IMAJINASI) UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600251.pdf

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program pemerintah Indonesia yaitu SdGs 2030 yang mengutamakan kemampuan matematika pada literasi matematika siswa kelas 4 SD pada 2030. Hal yang paling penting saat implementasi pembelajaran literasi matematika adalah proses berpikir matematika pada indikator merumuskan, menggunakan, menafsirkan dan mengevaluasi masalah matematikah pada konteks masalah matematika keseharian yang dapat diimplementasikan dengan model pembelajran yang telah dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang cenderung suka bermain. Proses ini di basiskan pada TAKESI (Keterampilan Argumen Matematika, Kreativitas Memecahkan Masalah dan Kemampuan Imajinasi) yang telah peneliti kembangkan dengan permainan tradisional benteng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri atas tiga tahap yaitu define, design dan develope yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, implementasi dan apakah model permainan benteng yang dikembangkan berkualitas. Hasil validasi oleh ahli (Expert Apparsial) menunjukkan kriteria valid dan sangat valid. Kemudian kepraktisan dan keefektifan model yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dan efektif yang dilakukan pada saat uji coba lapangan. Keseluruhan penilaian model pengembangan yang peneliti gunakan yaitu melalui lembar instrumen penilaian kualitas yang mencakup ketiganya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan benteng berbasis TAKESI (Keterampilan Argumen Matematika, Kreatifitas Memecahkan Masalah Dan Kemampuan Imajinasi) telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai pembelajaran literasi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Benteng, Literasi Matematika, TAKESI
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:02
Last Modified: 27 Aug 2018 08:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item