PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TUTORIAL SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 SIDOARJO

Aini, Wilna (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TUTORIAL SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-142071000017.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Pada zaman modern sekarang ini teknologi berkembang dengan pesat, teknologi yang ada dapat memudahkan siapa aja untuk mengakses informasi lebih banyak, namun banyak juga memberi pengaruh buruk bagi siswa karena banyak diantara mereka kurang memanfaatkan teknologi dengan baik. Tidak hanya bagi siswa, teknologi yang berkembang sekarang ini juga dapat dimanfaatkan dalam pendidikan, guru dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakannya pada saat pembelajaran. Teknologi yang dapat dimanfaatakan oleh guru adalah video, dengan video guru dapat menyampaikan materi dengan mudah, dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Terkadang guru hanya menyampaikan materi dengan cara konvensional sehingga membuat siswa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan serta mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengembangan ini menggunakan model R&D Borg and Gall (1989) dengan 10 langkah yakni: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Ujicoba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Masal. Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif yaitu data dari ahli materi yang mendapatkan persentase 75 % yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan ahli media mendapatkan persentase 92 % yang termasuk dalam kategori sangat baik. Perolehan hasil belajar berdasarkan uji lapangan kelas VIII SMP Negeri 6 Sidoarjo diukur dengan menggunakan tes. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sig 0,00 < 0,05 sehingga disimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Media; Video; Video Pembelajaran Tutorial Sujud
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:47
Last Modified: 31 Aug 2018 01:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item