Peranan TPQ Al-Mubayyinah Dalam Membina Hafalan Al-Qur’an Di Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

Arifin, Samsul (2018) Peranan TPQ Al-Mubayyinah Dalam Membina Hafalan Al-Qur’an Di Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-142071000006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana peranan TPQ Al-Mubayyinah dalam membina hafalan Al-Qur’an di Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Pertanyaann yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peranan TPQ Al-Mubayyinah dalam membina hafalan Al-Qur’an? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat untuk membina hafalan Al-Qur’an Santri TPQ Al-Mubayyinah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan sumber data yang di peroleh dari Kepala TPQ Al-Mubayyinah dan pengurusnya, para santri, Ustad/Ustadzah, dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yakni tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data yang telah di peroleh menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melalui proses reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data. Temuan yang di dapat dari penelitian ini bahwa melalui Ustad/Ustadzah TPQ Al-Mubayyinah Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo mempunyai peranan dan keikutsertaan khususnya di Desa Singopadu, dalam rangka membina hafalan Al-Qur’an Juz 30, yaitu mempunyai peran sebagai perencana, pelaksana dan sebagai motivator . Namun dalam membina hafalan Al-Qur’an juz 30 ada faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi hafalan Al-Qur’an meliputi sarana/prasarana. Dalam proses menghafal ada juga faktor penghambat dalam proses tersebut yaitu: (1) faktor internal yang meliputi santri kurang menajemen waktu dengan baik dan keaktifan kehadiran santri, (2) faktor eksternal yang meliputi tidak adanya pembimbing menghafal Al-Qur’an juz 30 ketika santri beraada di rumah dan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah umum sehingga santri tidak hadir untuk mengaji tetapi mengikuti ekstrakulikuler di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peranan; TPQ Al-Mubayyinah; Membina; Hafalan Al-Qur’an.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:06
Last Modified: 27 Aug 2018 04:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item