Pengembangan Media 3Dmetric Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SD

Chotimah, Chusnul (2018) Pengembangan Media 3Dmetric Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SD. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148620600169.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran geometri pada matematika dapat lebih mudah diterima oleh akal pikiran siswa apabila melalui benda konkret atau keadaan konkret. Akan tetapi pada SDN Lemahputro 1 Sidoarjo siswa kelas 4 masih belum bisa membedakan diagonal ruang dan diagonal sisi. Siswa belum menguasai bangun ruang dikarenakan siswa belum meningkatkan kemampuan spasialnya. Peneliti mengembangkan media berbasis augmented reality yang disebut dengan 3Dmetric. Bertujuan agar siswa mampu meningkatkan kemampuan spasialnya melalui metode penelitian Design Research. Menggunakan HLT siswa mampu melaksanakan 6 aktivitas siswa dengan 4 model mewakili 5 dimensi kemampuan spasial diperoleh persentase aktivitas sebesar 48,62% pada siklus 1 dan 73,15% pada siklus 2. Hasil tes kemampuan spasial siswa menunjukkan pada siklus 1 5,56% siswa kurang spasial, 86,11% siswa cukup spasial dan 8,3% siswa spasial. Pada siklus 2 11,11% siswa cukup spasial, 66,67% siswa spasial dan 22,22% siswa sangat spasial dengan rata-rata penilaian N-Gain sebesar 0,44 serta diperoleh respon positif dari siswa sebesar 80,54%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial; Augmented Reality; Media 3Dmetric
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:10
Last Modified: 27 Aug 2018 04:10
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item