PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBANTUAN MEDIA EXPLODING BOXTERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH GUPPI TELOGOREJO LAMONGAN

Miftahurrosyidah, Dhita (2018) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBANTUAN MEDIA EXPLODING BOXTERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH GUPPI TELOGOREJO LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148620600271.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi terdapat masalah rendahnya siswa untuk mengembangkan ketrampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan observasi di MI Islamiyah Guppi Telgorejo bahwa dalam proses belajar mengajar guru sudah sesuai dengan rancangan proses pembelajaran yang dibuat tetapi penggunaan LKS yang masih mengacu pada buku-buku yang sudah disediakan, serta tidak berani mengembangkan LKS tersebut, sehingga menghambat siswa untuk berpikir secara kritis pada proses pembelajaran. Untuk menanggapi masalah tersebut maka peneliti memberi solusi dengan mengunakan LKS berbantuan media box maka berpikir kritis siswa akan dilatih dan dikembangkan sehingga peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Telogorejo yang berjumlah 14 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-eksperimen desighn dengan desain one group pretest-posttest desighn. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur tes ketrampilan berpikir kritis berupa soal essay dengan jumlah 5 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif penggunaan lembar kerja siswa berbantun media box terhadap ketrampilan berpikir kritis kelas IV MI Islamiyah Guppi Telogorejo. Hal ini dibuktikan dengan melakukan perhitungan perhitungan t hitung sebesar 26,94 dan t tabel sebesar 1,77 dk 14 (N-1) untuk kesalahan 5 % adalah sebesar 1,77 (26,94>1,77) maka ha diterima ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang positif dari penggunaan LKSberbantuan media terhadap ketrampilan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; Media; Ketrampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:18
Last Modified: 27 Aug 2018 02:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item