Himma, Faikotul (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN KALIPECABEAN MATERI JENIS DAN BESAR SUDUT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Faikotul Himma 148620600210.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa Sekolah Dasar untuk mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Kalipecabean Materi Jenis dan Besar Sudut. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre Experimental Design tipe One Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan perhitungan eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Kalipecabean materi jenis dan besar sudut. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa thitung 18,44 > nilai ttabel 2,02 maka Ha diterima Ho ditolak. dan besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,90. Apabila merujuk pada kriteria interpretasi perhitungan eta squared penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Jam Sudut ; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 06:54 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 06:54 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4499 |
Actions (login required)
View Item |