PENGARUH PENERAPAN MODEL PjBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN PUCANG ANOM

wulandari, yusnia (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PjBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN PUCANG ANOM. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP 148620600162.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa .Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimenquasiexperimental design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design.Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial dan statistik deskriptif.Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Pucang Anom berjumlah 51 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh.Dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa thitung˃ ttabel yaitu 4,3 ˃ 2,021 maka dikatakan ada pengaruh dari model PjBL. Tingkat pengaruh pada penelitian ini dengan menggunakan eta squared diperoleh hasil 0,27. Artinya, adanya pengaruh yang besar dari model PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SDN Pucang Anom.Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal, inti dan penutup ialah 3,81, 3,62dan 3,53dengan kriteria baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat, jika pada kelas kontrol hanya sampai pada tingkatan 2 cukup kreatif sedangkan pada kelas eksperimen keterampilan berpikir kreatif siswa mampu mencapai pada tingkatan 3 kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model PjBL; Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa; Mata Pelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:49
Last Modified: 24 Aug 2018 07:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4458

Actions (login required)

View Item View Item