Interaksi Sosial Anak Tunarungu Dalam Proses Pembelajaran

Oktaviyani, Nur (2018) Interaksi Sosial Anak Tunarungu Dalam Proses Pembelajaran. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Nur Oktaviyani (148620600063).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi sosial anak tunarungu di SD Kreatif The Naff. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek satu anak tunarugu, satu teman dekat anak tunarungu, dan satu guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,serta penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imitasi anak tunarungu cenderung menggunakan indera penglihatannya. Proses mengimitasi memberikan dampak poditif dan negatif. Sugesti yang dialami anak tunarungu yaitu sugesti eksternal berupa nasehta, perinta, atau teguran yang disampaikan oleh guru maupun temannya. Simpati pada anak tunarungu terbagi menjadi simpati bersifat intelektuil dan simpati respon reflek. Simpati intelektuil adalah kondisi perasaan sedih atau senang sesuai peristiwa yang dilihatnya. Simpati respon reflek berbentuk peristiwa ketakutan ketika melihat sesuatu yang pernah dialaminya sehingga membuatnya trauma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Tunarungu; Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:44
Last Modified: 24 Aug 2018 07:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4451

Actions (login required)

View Item View Item