PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL OPEN-START MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS

Fatmawati, Nuri (2018) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL OPEN-START MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148620600229.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal Open-Start berdasarkan tingkat kemampuan disposisi matematis. Identifikasi proses berpikir kritis siswa menganut berdasarkan tahapan berpikir kritis dalam lingkup materi pendidikan menurut Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana serta membangun keterampilan dasar, mengatur strategi dan taktik, dan memberikan penjelasan lanjut serta menyimpulkan. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematis rendah, sedang, dan tinggi masing-masing 1 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket/kuisioner disposisi matematis, tes soal Open-Start, wawancara, dan observasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, wawancara serta observasi. Analisis data yang digunakan yaitu data dari hasil tes pemberian soal Open-Start, hasil wawancara dan observasi berdasarkan indikator proses berpikir kritis. Proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan disposisi matematis berbeda-beda. Subjek dengan kemampuan disposisi rendah dapat melewati tahapan berpikir kritis, tetapi kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan disposisi sedang dapat melewati tahapan berpikir kritis cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang kurang spesifik. Subjek dengan kemampuan disposisi tinggi dapat berpikir kritis dengan baik, jawaban yang diberikan dapat dipaparkan dengan jelas dan detail sehingga kebenaran jawaban dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir Kritis; Soal Open-Start; Disposisi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:54
Last Modified: 24 Aug 2018 07:54
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item