Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas IV SDN Candi

Purnama, Bella Merryzca (2018) Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas IV SDN Candi. Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas IV SDN Candi.

[img] Text
Artikel - 148620600181.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)

Abstract

Di SDN Candi Sidoarjo pada pelajaran matematika kelas IV terdapat permasalahan, antara lain: rendahnya penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, keterampilan pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal pada pelajaran matematika masih terbilang cukup rendah. Selain itu siswa tidak bersemangat dan tidak mendengarkan penjelasan guru dengan baik, tidak mau bertanya ketika tidak memahami materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas IV dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitiatif menggunakan desain eksperimen dengan jenis true experimental design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini menggunakan sampel dengan kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa dan kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 5,09 > 1,98, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil uji besarnya pengaruh dengan menggunakan eta squared diperoleh hasil 0,25. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat pengaruh besar pemberian penguatan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Article
Additional Information: Artikel Tugas Akhir
Uncontrolled Keywords: Pemberian Penguatan, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:04
Last Modified: 21 Feb 2019 07:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item