Purnama, Bella Merryzca (2018) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS IV DI SDN CANDI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap -148620600181.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (11MB) |
Abstract
Di SDN Candi Sidoarjo pada pelajaran matematika kelas IV terdapat permasalahan, antara lain: rendahnya penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, keterampilan pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal pada pelajaran matematika masih terbilang cukup rendah. Pemahaman siswa dalam mencerna konsep yang diberikan guru lebih lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas IV dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitiatif menggunakan desain eksperimen dengan jenis true experimental design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini menggunakan sampel dengan kelas kontrol berjumlah 38 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 40 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 5,09 > 1,98, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil uji besarnya pengaruh dengan menggunakan eta squared diperoleh hasil 0,25. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat pengaruh besar pemberian penguatan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Penguatan; Hasil Belajar Kognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 03:50 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 03:50 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4437 |
Actions (login required)
View Item |