PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN PADA SISWA DISKALKULIA KELAS I SDN SAWOCANGKRING

Anggraini, Novita Nur (2018) PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN PADA SISWA DISKALKULIA KELAS I SDN SAWOCANGKRING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148620600083.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa diskalkulia kesulitan dalam mengoperasikan operasi hitung pengurangan dua angka pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media dekak-dekak terhadap kemampuan operasi hitung pengurangan dua angka pada siswa diskalkulia kelas I SDN Sawocangkring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif subjek tunggal, menggunakan desain A-B-A. Populasi dalam penelitian ini adalah seorang siswa diskalkulia kelas I SDN Sawocangkring. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Intstrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan operasi hitung pengurangan dua angka adalah berbentuk tes esay yang mengacu pada indikator kemampuan operasi hitung pengurangan dua angka, data yang telah diperoleh dianalisis dan diperjelas menggunakan tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan operasi hitung pengurangan dua angka pada siswa diskalkulia meningkat. Hal ini dibuktikan hasil analisis data tes kemampuan operasi hitung pengurangan dua angka mean level yang diperoeh pada baseline A yaitu 27,5, pada kondisi intervensi dengan menyelesaikan soal dengan menggunakan media dekak-dekak mean level yang diperoleh oleh siswa diskalkulia yaitu 85, dan pada baseline A2 siswa diskalkulia menyelesaikan soal tanpa menggunakan bantuan media dekak-dekak dan mean level yang diperoleh siswa pada baseline A2 yaitu 94,16 sehingga dapat bahwa pada kondisi A2 kemampuan operasi hitung pengurangan dua angka pada siswa diskalkulia mengalami kenaikan melebihi mean level yang diperoleh pada fase baseline A, dan intervensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media dekak-dekak; kemampuan oprasi hitung pengurangan dua angka; siswa diskalkulia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:24
Last Modified: 28 Aug 2018 03:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item