Fitasari, Diah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN SUKO 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap 148620600236.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran Inquiry Terbimbing ketika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, serta siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Dari 24 siswa 41,7% merespon pertanyaan yang diberikan guru dan 58,3% kurang memahami materi sehingga motivasi belajar siswa rendah. Pembelajaran dengan model Inquiry Terbimbing merupakan pembelajaran yang menekankan siswa untuk membentuk sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar tingkat pengaruh model pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Suko 1 Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif sedangkan metode yang digunakan eksperimen dengan pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest design yang hasil perlakuannya dapat diketahui sebelum dan sesudah diberikan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing. Teknik penelitian menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh karena subyek penelitian sebanyak 24 siswa yang jumlah populasinya relatif kecil. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa. Lembar angket diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing. Dari hasil analisis nilai rata-rata dari sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (posttest) terjadi perubahan, pada rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar =7,833 sedangkan pada rata-rata nilai sesudah diberikan perlakuan (posttest) sebesar = 11,375, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Suko 1 Sidoarjo. Kemudian pada perhitungan N-gain diperoleh hasil = 0,494 yang menunjukkan kriteria tingkatan pengaruh sedang, hal ini berdasarkan kriteria dari rumus N-gain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing; Motivasi belajar; materi IPA. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 05:45 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 05:45 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4392 |
Actions (login required)
View Item |