Pengaruh Model Problem Based Learning pada Mapel PKn Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar

Suhermanto, Farid and Pratiwi, Siska (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning pada Mapel PKn Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Farid Suhermanto.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental desain nonequivalent dan dilaksanakan di SDN Kraton 3 Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap sikap nasionalisme siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan tes sikap nasionalisme dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dan uji t, dari hasil penghitungan regresi linier sederhana didapatkan persamaan Y= 11.079 + 0,991, Setelah diketahui persamaan regresi lalu diperoleh nilai korelasi (r) 0.991. jadi, hubungan antara sebelum penerapan dan sesudah penerapan model PBL menunjukkan pengaruh positif. Dengan kata lain model PBL diterapkan, maka sikap nasionalisme siswa dapat meningkat. Hasil penghitungan pada uji t, pengujian pretest dan posttest untuk eksperimen didapatkan bahwa hasil nilai sig. untuk pengujian perbandingan memiliki nilai sebesar 0,000 kurang dari taraf Sig. 0,05 yang digunakan yaitu (0,000 < 0,05). Maka didasarkan pada hipotesis yang ditentukan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sikap nasionalisme kelas eksperimen sebelum dan sesudah hal tersebut berarti tolak H0.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; PKn; Sikap Nasionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:32
Last Modified: 31 Jul 2017 07:32
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item