Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Dasar IPS pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Rahayu, Dewi Widiana (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Dasar IPS pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Dewi Widiana Rahayu.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPS berorientasikan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw untuk melatihkan keterampilan berpikir pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar agar dapat mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran, serta mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Kegiatan penelitian ini akan dilaksanakan pada ujicoba kelas terbatas dan ujicoba kelas klasikal, dengan menggunakan Model of the Instructional Development Cycle, yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu: analysis, planning, design, development, implementation, evaluation and revision, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rencana pretest-post test design. Data hasil penelitian yang diperoleh dari kepraktisan perangkat pembelajaran ini dilihat dari keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran yang dapat terlaksana dengan baik sesuai sintaks model cooperative jigsaw, aktivitas mahasiswa yang paling dominan yakni menyimak penjelasan dosen, aktivitas dosen yang paling dominan adalah menyampaikan informasi, respons mahasiswa terhadap pembelajaran terhadap model pembelajaran cooperative type Jigsaw menyatakan sangat tertarik dan cukup tertarik terhadap perangkat pembelajaran, suasana belajar, cara dosen mengajar, serta contoh-contoh soal, dan hambatan selama proses pembelajaran dapat teratasi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Konsep Dasar IPS; Model Cooperative Type Jigsaw; Keterampilan Berpikir.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:32
Last Modified: 31 Jul 2017 07:32
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item