APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PROFESI UNTUK ANAK TK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Sadewa, Danar Bagas Almaqi (2018) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PROFESI UNTUK ANAK TK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 141080200022.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pengenalan profesi kepada anak dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Dengan berkembangnya teknologi informasi, sarana pengenalan profesi dapat dilakukan menggunakan perangkat berupa computer, laptop maupun smartphone. Perkembangan teknologi Augmented Reality pada smartphone akan mempermudah anak usia taman kanak-kanak (TK) dalam mengenal beberapa jenis pekerjaan profesi. Tujuan penulisan skripsi ini adalah membuat aplikasi Pengenalan Profesi menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi Pengenalan Profesi ini adalah study literatur, observasi dan wawancara. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data para profesi yang akan dibuat sebagai model menggunakan software Blender. Perancangan aplikasi Augmented Reality menggunakan software Unity dengan merancang marker yang dibuat dari platform vuforia. Fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah beberapa jenis nama profesi yang ditampilkan secara 3D dengan suara dan keterangan menggunakan teknologi Augmented Reality. Hasil dari pengujian aplikasi Pengenalan Profesi dapat berjalan pada berbagai perangkat mobile Android. Telah di uji pada beberapa merk dan spesifikasi smartphone berbeda – beda hasil dari Pengenalan Profesi dapat berjalan dengan lancer kecuali dibawah android versi 4.3 (Jellybean). Berdasarkan hasil kuesioner materi yang terdapat pada aplikasi Pengenalan Profesi menggunakan Augmented Reality berbasis android ini cocok untuk mengenalkan nama profesi kepada anak usia taman kanak-kanak. Masih banyak kekurangan yang dapat dikembangkan, misalnya memperbanyak objek 3D profesi dan membuat animasi yang lebih baik, agar aplikasi lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami. Kata kunci: Pengenalan Profesi, Augmented Reality, Marker, Android

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Profesi; Augmented Reality; Marker; Android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > School of Computer Engineering
Depositing User: teknikinformatika umsida
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:44
Last Modified: 20 Aug 2018 03:44
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4284

Actions (login required)

View Item View Item