DUCHAN, ACHMAD (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KEGIATAN IMTAQ (IMAN DAN TAQWA) DI SMAN 1 WONOAYU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.
Text
Skripsi Lengkap - 132071000007.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (18MB) |
Abstract
ABSTRAKSI ACHMAD DUCHAN. NIM. 132071000007 “Penanaman Nilai-Nilai Spiritual dalam Kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo” Dosen Pembimbing: Anita Puji Astutik, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Penanam, Nilai Spiritual, Kegiatan IMTAQ. SMAN 1 Wonoayu yang terletak di jl. Raya Pager Numbuk Wonoayu, menerapkan kegiatan keagamaan (Islam) yang dikenal dengan kegiatan IMTAQ (iman dan taqwa). Kegiatan ini meliputi, Dzikir dan do’a yang diisi tausiah, Infaq (shodaqoh), peringatan hari besar Islam, sholat Dhuhur Jama’ah, dan Sholat Jum’at. Dari semua kegiatan yang paling diutamakan yaitu kegiatan Dzikir dan do’a bersama yang dilaksanakan pada hari Jum’at sebelum awal jam pembelajaran dimulai. Semua kegiatan merupakan kebijakan dari sekolah yang telah tersusun dan terjadwal dalam proses kegiatan pembelajaran disekolah. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai spiritual dalam kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penanaman nilai-nilai spiritual dalam kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, maka dilakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan interaktif dengan jenis fenomenologi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif yang maksudnya adalah pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat untuk membuat deskripsi (gambaran, lukisan), secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat diantara fenomena yang di teliti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dengan Intepretasi data sebagai upaya memberikan makna dari data yang terkumpul kemudian menjadi hasil analisis dan selanjutnya penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai spiritual melalui sholat berjamaah, tadarus al Qur’an setiap hari rabu, kegiatan peringatan hari besar Islam, program 3S (senyum, sapa dan salam), dan pesantren kilat Ramadhan dan yang menjadi faktor pendukung adalah dukungan dari pihak sekolah terlebih kepala sekolah dan seluruh dewan guru yang berperan aktif membantu dan memberikan teladan bagi peserta didik, sanksi yang mendidik, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah sebagai penunjang kegiatan IMTAQ, latar belakang keluarga peserta didik yang agamis atau peserta didik lulusan MTS dan sekolah negeri yang bernafaskan Islam dengan di buktikan kegiatan IMTAQ yang berkembang pesat adapun faktor penghambat kurangnya pengawasan terhadap anak saat berada dirumah, minimnya kran tempat wudhu dan mukenah untuk perempuan, pengaruh lingkungan dan pengaruh kemajuan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI |
Uncontrolled Keywords: | Penanam; Nilai Spiritual; Kegiatan IMTAQ. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 08:32 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 08:32 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4262 |
Actions (login required)
View Item |