Rahmawati, Yunita Rizky (2018) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP - 148620600054.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan masalah yang terjadi di SDN Kebaron. Melalui observasi yang sudah dilakukan di SDN Kebaron dalam proses pembelajaran hanya berpusat pada guru khususnya pada mata pelajaran matematika. Guru juga menjelaskan bahwasannya siswa sulit dalam memecahkan soal matematika. Berkaitan dengan observasi yang telah dilakukan peneliti tertarik untuk meneliti hasil Efektifitas Problem Based Learning pada pembelajaran Matematika kelas V SD. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode Pre Experimental Design dengan bentuk one-group Pretest-Posttest Design. Populasi yang dijadikan sebagai objek penelitian sebanyak 24 siswa kelas V SDN Kebaron. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest dan di analisis dengan menggunakan perhitungan N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain diketahui Problem Based Learning memiliki efektifitas sebesar 0,56 atau 56% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektifitas Problem Based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD berada pada kriteria sedang antara 0,3 ≤ - ≤ 0,7.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Matematika; Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 05:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 05:40 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4249 |
Actions (login required)
View Item |