Sari, Elinda Yuniar Milantika (2018) GAME PETUALANGAN SIMPUL-SIMPUL PRAMUKA BERBASIS MOBILE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi lengkap-141080200175.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Minat siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka semakin berkurang. Kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Materi yang diajarkan pada kegiatan pramuka sangat beragam, salah satunya yaitu simpul. Pengetahuan siswa tentang simpul ini masih berupa cara membuatnya saja, masih banyak yang belum mengetahui tentang kegunaannya. Saat ini yang diminati anak-anak adalah Game. Game dianggap sebagai media hiburan yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Agar siswa tertarik untuk mengenal kegunaan simpul diperlukan pembelajaran yang sesuai dengan minat anak-anak saat ini yaitu pembelajaran melalui game. Dalam penelitian ini, telah dikembangkan game berupa game petualangan untuk mengenalkan kegunaan simpul pada siswa. Dengan penggunaan game petualangan sebagai media pembelajaran, pemain tidak hanya memilih simpul-simpul yang benar melainkan juga menghindari musuh dalam game. Adanya penggunaan game sebagai media pembelajaran ditujukan agar dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam belajar dan memahami kegunaan simpul serta meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan kepramukaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Game petualangan; Pramuka; Simpul |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > School of Computer Engineering |
Depositing User: | teknikinformatika umsida |
Date Deposited: | 14 Aug 2018 03:30 |
Last Modified: | 14 Aug 2018 03:30 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4234 |
Actions (login required)
View Item |